Rabu, 08 April 2020

Hindari, 5 Kebiasan yang Dapat Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh Saat Hadapi Corona

Berita Tepat - Pandemi Corona membuat semua orang fokus menjaga sistem kekebalan tubuh, karena ini menjadi hal yang sangat penting. 
Dalam hal ini, ada dua hal yang harus dipikirkan, yaitu tentang memilih makanan yang mendukung kekebalan tubuh, hingga mengindari perilaku yang dapat melemahkan imun.
Lantas apa saja perilaku yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh? Berikut beberapa contoh perilaku yang AkuratHealth rangkum dari laman Health, agar dapat kamu hindari.
Terlalu banyak minum alkohol 
Mengonsumsi alkohol berlebihan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Bahkan, dapat merubah sistem tersebut. Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Alcohol Research, para peneliti mencatat bawah ada hubungan dimana konsumsi alkohol berlebihan dapat membuat imun melemah. 
Efeknya, termasuk peningkatan kerentanan terhadap pneumonia, dan kemungkinan lebih besar mengarah ke sindrom stres pernapasan akut. Hal ini menjadi faktor yang berpotensi memengaruhi hasil Covid-19. 
Berlebihan konsumsi garam 
Penelitian baru dari Rumah Sakit Universitas Bonn yang dilakukan pada manusia dan tikus mendapat kesimpulan bahwa, terlalu banyak garam dapat menyebabkan defisiensi imun. 
Peneliti menemukan ketika ginjal mengeluarkan atau kelebihan natrium, efek domino akan terjadi, dimana mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri. Sementara, Covid-19 adalah virus yang dapat menyebabkan infeksi bakteri sekunder. 
Konsumsi gula berlebih
Mengurangi kelebihan gula adalah ide yang cerdas. Termasuk baik untuk kesehatan mental. Selain itu, bermanfaat juga untuk mendukung kekebalan tubuh. 
Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Amreican Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa setelah puasa semalam, manusia yang diberi 100 gram gula, mengalami pengurangan kemampuan sel untuk menekan bakteri. 
Asupan kafein berlebihan
Kopi dan teh bersifat melindungi kesehatan. Hal tersebut dikarenakan tingginya antioksidan yang dimatikan dengan anti peradangan. 
Namun terlalu banyak kafein dapat menganggu tidur, dan hasil itu dapat meningkatkan peradangan dan menganggu kekebalan tubuh. 
Bukan kamu tak boleh konsumsi kafein, tetapi sebaiknya 6 jam sebelum tidur. 
Kurang konsumsi serat 
Serat sangat mendukung kesehatan pencernaan yang baik dan membantu mengubah susunan bakteri usus dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh dan suasana hati. 
Serat yang baik juga akan meningkatkan kualitas tidur. Untuk itu, wajib konsumsi serat di tengah pandemi covid-19.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar