Rabu, 28 Agustus 2019

Jangan Anggap Remeh Gatal Tanpa Sebab Karena Bisa Jadi Kamu Terserang Penyakit Ini

Berita Tepat - Ketika merasakan gatal-gatal pada kulit dalam jangka waktu yang panjang, hidup terasa sangat tidak nyaman bagi setiap orang. Rasa gatal yang terjadi saat kegiatan sehari-hari dan terus menerus bisa akan sangat mengganggu aktivitas siapapun.
Rasa gatal pada kulit bisa membuat kamu risih sekaligus bisa malu bila dilihat orang. Namun, rasa gatal terjadi tidak hanya karena alergi, masalah infeksi jamur, atau bekas gigitan saja, tetapi beberapa penyakit turut mempengaruhinya timbul.
Dilansir AkuratHealth dari Boldsky, berikut ini beberapa  penyakit yang nyatanya dapat menimbulkan rasa gatal:
Limfoma adalah jenis kanker darah yang mempengaruhi kelenjar getah bening pada tubuh. Jenis kanker ini biasanya sangat sulit diobati dan tingkat kekambuhannya sangat tinggi. Orang yang menderita penyakit ini mengalami kulit gatal di seluruh tubuh, tanpa adanya ruam. 
Hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh sitokin yang memicu respons peradangan pada sel-sel kulit, itu menyebabkan kulit gatal-gatal parah.
Penyakit Tiroid
Penyakit tiroid ada dua jenis. Yang pertama dikenal sebagai hipotiroidisme yang disebabkan oleh kelenjar tiroid yang kurang aktif, yang kedua dikenal sebagai hipertiroidisme yang disebabkan oleh kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Penyakittiroid adalah penyakit hormonal yang mungkin memerlukan pengobatan jangka panjang. Ketidakseimbangan hormon yang disebabkan oleh penyakit tiroid juga dapat menyebabkan kulit gatal pada banyak pasien.
Menopause, meskipun bukan penyakit, dapat memiliki sejumlah efek samping negatif pada banyak wanita. Seperti yang kita ketahui, menopause adalah fenomena alami yang terjadi pada setiap wanita, setelah usia 45 tahun, ketika siklus menstruasi berhenti.Selama menopause, sejumlah perubahan hormonal terjadi di tubuh. Karena perubahan hormon ini, minyak alami tubuh dapat menurunkan produksi, sehingga membuat kulit Anda kering dan gatal.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar