Rabu, 07 Agustus 2019

Risiko cukup Besar Saat Orangtua Mendidik Anak secaraPaksa

Berita Tepat - Dalam hal mendidik Anak, tak sedikit Orangtua yang melakukan pemaksaan dengan alasan agar Anak tidak melawan dan menuruti semua keinginan Orangtua. Ini merupakan cara klasik. Tetapi hal tersebut bukan jalan terbaik untuk si kecil.
Dilansir AkuratParenting dari laman Parents.com, penjelasan Jane Nelsen, Ed.D, penulis 'Positive Disciplineserie' cukup kuat memberi gambaran bahwa memaksa memang selalu sala. Dari hasil penelitan yang ia lakukan, paksaan akan membuat Anak tidak mendapatkan pelajaran seumur hidupnya. Ia bahkan bukan Belajar, tapi malah menjadi takut.
"Anak-Anak tidak Belajar ketika mereka merasa terancam," kata Jane Nelsen.
Maka, para ahli mendorong agar Orangtua tidak memaksakan kehendaknya sendiri. Biarkan Anak berimajinasi sesuai kepribadiannya. Nantinya, ia akan memahami dan Belajar dari apa yang ia lakukan tanpa paksaan.
Ini kedengarannya seperti hal yang mudah. Tapi perlahan, ayah dan bunda bisa menerapkannya kepada Anak tercinta. Karena saat dewasa nanti, ia Anak akan lebih banyak memahami situasi dan sadar sendiri.
Maka mulai sekarang, kamu tak perlu memaksakan kehendak sendiri dengan tujuan membentuk kepribadian Anak. Biarkan ia berimajinasi dan Belajar demi tumbuh kembangnya yang lebih baik.[]

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar